Sabtu, 24 September 2016

KONDISI SOSIAL BUDAYA DI KABUPATEN MUNA SULAWESI TENGGARA




Kabupaten  Muna  memiliki  letak  yang  sangat  strategis  karena  di antara  2  Kota  Besar  yang  salah  satunya  adalah  Ibu  Kota  Propinsi Sulawesi Tenggara, yaitu Kota Kendari dan Kota Bau-bau. Letak yang strategis ini memungkinkan besarnya interaksi Kabupaten Muna dengan Kota- kota besar tetangga maupun Propinsi dan Kabupaten  lainnya di Pulau Sulawesi. Sedang letak astronomis dari   Kabupaten Muna  terletak di bagian Selatan Garis Khatulistiwa pada garis lintang 4°  06’ sampai dengan 5°  15’ Lintang Selatan dan dari Barat ke Timur 122° 8’ Bujur Timur hingga 123° 15’ Bujur Timur dan luas daratan adalah seluas 2.963,97 Km²  atau 296.397 Ha.

Kabupaten Muna, seperti halnya kabupaten-kabupaten lainnya di Indonesia terdapat sembilan sektor yang memberikan konstribusi yang sangat berarti terhadap perekonomian yaitu Pertanian; Pertambangan dan penggalian; Industri Pengolahan; Listrik; gas; dan air bersih; Konstruksi/bangunan; Perdagangan; Hotel/restoran; Pengangkutan dan Komunikasi; Keuangan dan Sektor jasa. Sektor yang konstribusinya terhadap perekonomian Kabupaten Muna yang  mengalami peningkatan antara lain: Sektor Industri Pengolahan, Perdagangan, Hotel dan Restoran, serta sektor Pengangkutan dan Komunikasi, sedang keenam sektor lainnya mengalami penurunan. Sementara untuk sektor pertanian, walaupun selama lima tahun terakhir mengalami fluktuasi, namun sektor tersebut  tetap merupakan sektor  yang paling banyak memberikan konstribusi terhadap perekonomian di Kabupaten Muna. Aktivitas keuangan Pemerintah daerah yang dicakup terdiri dari  keuangan  Pemerintah Kabupaten/Kota. Kelancaran penyelenggaraan Pemerintahan dan pembangunan Daerah sangat bergantung dari tesedianya sumber-sumber pandapatan Daerah baik yang berasal dari Sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) maupun sumber dana yang berasal dari bantuan Pemerintah Pusat atau setingkat diatasnya bagi Pemerintah Tingkat Kabupaten dan Kota. Sumber-sumber pembiayaan Pembangunan dan rutin dalam penyelenggaraan pemerintahan Kabupaten Muna terdiri dari bagian sisa lebih perhitungan anggaran tahun yang lalu, bagi pendapatan asli daerah sendiri, pendapatan dari pemberian Pemerintah dan atau Instansi yang lebih tinggi, pinjaman Daerah dan yang bersumber dari urusan kas dan perhitungan. Secara makro, rencana dan realisasi anggaran dan pendapatan belanja daerah tampak meningkat setiap tahunnya.

Dalam hubungannya dengan budaya keyakianan, pemahaman masyarakat tentang kearifan lokal dalam mempertahankan kelestarian lingkungan diperlukan moralitas yang berpangkal pada kepercayaan agama yang dianut oleh masyarakat lokal. Pemanfaatan sumber daya huatan yang tidak eksploratif dapat menunjukkan sikap yang arif dan bijaksana terhadap lingkungan alam sekitarnya. Interaksi antara manusia dengan lingkungannya tidak akan lepas dari kehidupan sehari-hari, baik dalam kegiatan pembangunan ekonomi, sosial budaya maupun kegiatan-kegiatan keagamaan seperti upacara ritual dan pemberian sesajen terhadap pohon yang dianggap keramat yang dilakukan pada saat panen hasil perkebunan. Kemudian kepercayaan masyarakat akan hal-hal mistik dengan tidak menebang pohon merupakan bagian dari menjaga kelestarian lingkungan itu sendiri. Pemerintah daerah Kabupaten Muna sangat memperhatikan kepentingan masyarakatnya terutama dalam hal beribadah. Untuk itu Pemerintah telah banyak membangun fasilitas rumah tempat peribadatan yang beragam dikarenakan masyarakat Kabupaten Muna menganut beragam  agama. Fasilitas  tempat ibadah yang dibangun tersebar pada setiap hampir semua Kecamatan yang ada di Kabupaten Muna, selain itu Kabupaten Muna sendiri memiliki Identitas Simbolik Pohon Jati dikatakan sebagai pohon jati dikarenakan sebagai penghasil kayu jati terbesar di Sulawesi Tenggara yang mana jati sendiri telah dimanfaatkan sebagai gembol yang dapat dijadikan meja, jam dinding dan hiasan rumahan lainnya dan komoditas penghasil nafkah bagi sebagian keluarga di masyarakat Muna.

        Kabupaten Muna dewasa ini sudah mengalami banyak perubahan terutama dari segi moral dan karakter masyarakat. Falsafah orang tua Muna zaman dulu begitu indah. Dapoangka-angkatau, dapopia-piara, dapomasi-masigho, dapoadha-adhati yang mengajarkan untuk saling mengikuti dan bersama-sama dalam kebaikan, saling tenggang rasa/ menghargai, saling menyayangi dan bersifat sopan santun/ punya adat atau etika tanpa memandang jabatan, suku, agama, strata sosial: Kaumu (kaum bangsawan/ turunan raja/ yang berhak menjadi raja), Walaka (golongan kedua setelah kaum bangsawan dalam strata sosial orang Muna/ berhak atas pemerintahan/ sara) atau Anangkolaki (golongan masyarakat biasa) selayaknya mengimplementasikan nilai-nilai peninggalan orang tua Muna tersebut  tetapi sangat disayangkan hampir semua anak-anak muda termasuk orang tua masa kini melupakan falsafah hidup itu sehingga konflik kekerasan terus bermunculan dari generasi ke generasi berikutnya.

Sangat Ironis daerah yang 95% dihuni oleh suku asli Muna secara mayoritas dengan agama Islam tapi konflik kekerasan semakin meningkat bahkan dikalangan anak-anak muda dimana perilaku tersebut di pengaruhi oleh :
1. Masyarakat Muna kehilangan identitas diri sebagai masyarakat yang berbudaya dimana terlihat dari masyarakata Muna lebih senang berbicara mengenai politik,  tidak pernah berhenti debat tentang calon bupati atau gubernur menjelang bahkan pasca Pilkada, mulai dari kalangan elit hingga pada masyarakat petani nelayan dan hampir seluruh orang Muna. Jika bicara politik, kecenderungan untuk melupa tentang segalanya termasuk kegiatan ekonomi. Sesungguhnya kendaraan untuk memperoleh kekuasaan “vehicle to get the power” adalah menguasai sumber-sumber ekonomi. Sayangnya penguasaan atas sumber-sumber ekonomi ini tidak jarang memperhadapkan masing-masing kekuatan rakyat untuk saling menguasai yang cenderung melahirkan konflik sosial. Disinilah awal terciptanya konflik sosial antar masyarakat atau pendukung politik karena perebutan asset-asset ekonomi atau mungkin pelampiasan atas kekalahan proses politik yang terakumulasi dengan berbagai persoalan sosial lainnya. Melihat  Indonesia yang baru satu dekade lebih memiliki kebebasan demokrasi tentu kita belum begitu siap berdemokrasi. Kita belum bisa menerima prinsip menang kalah. Selalu saja semuanya berakhir dengan konflik hingga menjurus pada kekerasan.  Apalagi fenomena ini diperburuk ketika elit politik sengaja mendesain konflik untuk mengadudomba masyarakat atas ketidakpuasan proses dan hasil politik yang ada. 
2. Konflik memang suatu kenyataan hidup, tidak terhindarkan dan sering bersifat kreatif. Konflik terjadi ketika tujuan masyarakat tidak sejalan. Berbagai perbedaan pendapat dan pandangan serta konflik biasanya dapat diselesaikan tanpa kekerasan dan tentu menghasilkan situasi yang lebih baik bagi sebagian besar atau semua pihak yang terlibat dari tingkat mikro, antar pribadi hingga tingkat kelompok, organisasi, masyarakat dan negara semua bentuk hubungan manusia –sosial, ekonomi dan kekuasaan-- mengalami pertumbuhan, perubahan dan konflik. Konflik timbul karena ketidakseimbangan antara hubungan-hubungan itu sebagai contoh kesenjangan status sosial, kurang meratanya kemakmuran dan akses yang tidak seimbang terhadap sumber daya, serta kekuasaan yang tidak seimbang yang kemudian menimbulkan masalah-masalah seperti diskriminasi, pengagguran, kemiskinan, penindasan dan kejahatan. Ini terjadi di tanah Muna, dimana masing-masing tingkat tersebut membentuk sebuah rantai yang memiliki potensi kekuatan untuk menghadirkan perubahan baik yang konstruktif ataupun destruktif.  


      Akhirnya, masyarakat Muna pada dasarnya harus kembali pada falsafah besar raja Muna Lakilaponto putra Sugimanuru: Hansuru-hansuru badha, sumanomo koemo hasuru liwu, Hansuru-hansuru liwu, sumanomo koemo hasuru sara, Hansuru-hansuru sara, sumanomo koemo hasuru adhati,  Hansuru-hansuru adhati, sumanomo notangka agama, yang maksudnya : hancur-hancur badan kami asal jangan hancur negeri kami, hancur-hancur negeri kami asal jangan hancur pemerintahan kami, hancur-hancur pemerintahan kami asal jangan hancur adat istiadat kami, hancur-hancur adat istiadat kami asalkan agama Islam tetap tegak berdiri.


Sumber : Narasumber Terpercaya
·         Silfiani Buransa ( Silfianiburansa@gmail.com )
·         Laode Muh. Rabiali




Dosen    : Ramita Hapsari
Nama     : Megawati Boy Ely Tokulo
NPM      : 14216346
Jurusan  : Manajemen

10 komentar:

  1. Gitu ya kebudayaan masyarakat disana, thx info nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

      Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

      Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

      Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

      Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

      Hapus
  2. Artikelmu ini cocok sy kasih jadikan saja hasil laporanku

    BalasHapus
  3. kabupaten muna sangat berpotensi di sektor pertanian dan perikanan, kerena dari kedua sektor tersebut bisa menjamin kesejahtraan masyarakat muna, dan oleh karena itu pemerintah harus fokus dari kedua sektor tersebut jika ingin meningkatkan perekonomian daerah.

    BalasHapus
  4. Artikelnya lumayan lengkap tentang kab.muna,thx :)

    BalasHapus
  5. Artikelnya pembahasan tentang budaya munanya sangat bagus. Memang kalau asli muna :-). Fighting Adek Mega Ely Tokulo :-)

    BalasHapus
  6. Thankyou for sharing my hometown. Kota kecil dengan sejuta pesona alam dan budaya �� love it so much darling!! Gomawo����������

    BalasHapus
  7. Thankyou for sharing my hometown. Kota kecil dengan sejuta pesona alam dan budaya �� love it so much darling!! Gomawo����������

    BalasHapus
  8. Salam semuanya.
    Saya menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian yang mengejutkan ini dan juga menghargai Ny. Juliana Woodrich, Direktur Pelaksana Juliana Loans dan Firma Keuangan karena mengubah kisah keuangan saya seumur hidup.
    Saya tidak pernah berpikir saya bisa bertemu seseorang seperti Mrs. Juliana seumur hidup setelah serangkaian kekecewaan dari beberapa perusahaan pinjaman dan perusahaan keuangan lainnya. Saya berada dalam kondisi depresi setelah kehilangan sejumlah besar uang kepada seorang bintang penipuan yang mengaku sebagai seorang mesias beberapa mulut yang lalu sebelum seorang teman baik saya secara George Walker memperkenalkan saya kepada wanita baik ini. Saya adalah Mrs. Fadhlan Fitri, dari kota bogor di Indonesia, saya menggunakan ini sepanjang waktu untuk bersaksi tentang Mrs. Juliana, karena saya tidak ingin ada yang kehilangan uangnya untuk bintang penipuan lagi.
    Suami saya dan saya sangat berhutang budi akibat kegagalan bisnis dan karena itu kami mati-matian mencari pinjaman dari berbagai perusahaan pinjaman untuk melunasi tagihan dan memulai lagi, tetapi mereka semua tidak melakukan apa-apa, sebaliknya mereka membawa kami ke dalam hutang lebih banyak dan akhirnya pergi kami bangkrut sampai saya menghubungi Bpk. George yang memperkenalkan saya kepada Ny. Juliana, Dia menawari saya pinjaman Rp 800.000.000 tanpa tekanan, Tuhan, saya tidak percaya pada diri sendiri semuanya kurang dari 48 jam tanpa stres, karena itu saya tidak punya bersaksi ini di seluruh Asia dan di luar untuk memungkinkan semua orang yang membutuhkan pinjaman untuk menikmati rahmat yang sama seperti kita.
    Jadi saya akan menyarankan siapa pun yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Ibu Juliana melalui email.
    julianaloans@gmail.com
    atau Anda juga dapat menghubungi teman saya Tn. George melalui emailnya untuk informasi lebih lanjut: george.ceowalker@gmail.com. Lebih baik lagi Anda juga dapat menghubungi saya melalui fadhlanfitri394@gmail.com.
    Terima kasih

    BalasHapus
  9. Salam semuanya.
    Saya menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian yang mengejutkan ini dan juga menghargai Ny. Juliana Woodrich, Direktur Pelaksana Juliana Loans dan Firma Keuangan karena mengubah kisah keuangan saya seumur hidup.
    Saya tidak pernah berpikir saya bisa bertemu seseorang seperti Mrs. Juliana seumur hidup setelah serangkaian kekecewaan dari beberapa perusahaan pinjaman dan perusahaan keuangan lainnya. Saya berada dalam kondisi depresi setelah kehilangan sejumlah besar uang kepada seorang bintang penipuan yang mengaku sebagai seorang mesias beberapa mulut yang lalu sebelum seorang teman baik saya secara George Walker memperkenalkan saya kepada wanita baik ini. Saya adalah Mrs. Fadhlan Fitri, dari kota bogor di Indonesia, saya menggunakan ini sepanjang waktu untuk bersaksi tentang Mrs. Juliana, karena saya tidak ingin ada yang kehilangan uangnya untuk bintang penipuan lagi.
    Suami saya dan saya sangat berhutang budi akibat kegagalan bisnis dan karena itu kami mati-matian mencari pinjaman dari berbagai perusahaan pinjaman untuk melunasi tagihan dan memulai lagi, tetapi mereka semua tidak melakukan apa-apa, sebaliknya mereka membawa kami ke dalam hutang lebih banyak dan akhirnya pergi kami bangkrut sampai saya menghubungi Bpk. George yang memperkenalkan saya kepada Ny. Juliana, Dia menawari saya pinjaman Rp 800.000.000 tanpa tekanan, Tuhan, saya tidak percaya pada diri sendiri semuanya kurang dari 48 jam tanpa stres, karena itu saya tidak punya bersaksi ini di seluruh Asia dan di luar untuk memungkinkan semua orang yang membutuhkan pinjaman untuk menikmati rahmat yang sama seperti kita.
    Jadi saya akan menyarankan siapa pun yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Ibu Juliana melalui email.
    julianaloans@gmail.com
    atau Anda juga dapat menghubungi teman saya Tn. George melalui emailnya untuk informasi lebih lanjut: george.ceowalker@gmail.com. Lebih baik lagi Anda juga dapat menghubungi saya melalui fadhlanfitri394@gmail.com.
    Terima kasih

    BalasHapus